Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk adalah orang yang telah lama tinggal dan menetap di suatu negara baik orang tersebut Warga Negara maupun Warga Negara Asing. Penduduk memiliki peranan yang sangat penting dalam Negara nya, baik itu kepentingan ekonomi, sosial dan kepentingan hukum. Penduduk berhak untuk melakukan setiap aktivitasnya. Penduduk yang tinggal di bukan negara aslinya biasa disebut Warga Negara Asing. Mereka tinggal di Indonesia atas banyak hal, misalnya saja untuk kuliah atau bekerja.

Masyarakat adalah orang yang menetap di suatu wilayah dan orang tersebut merupakan orang asli negaranya. Masyarakat terbentuk di dalam keluarga intinya. Sifat dan wataknya tumbuh disana. Sifat dan watak tersebut yang menjadikannya memiliki citra di dunia luar, baik dan buruknya.

Kebudayaan adalah suatu maha karya seni yang tinggi. Kebudayaan bagian dari seni. Kebudayaan tradisional Indonesia telah dikenal di dunia. Kebudayaan itu banyak jenisnya, ada Seni Tari, Seni Musik, Seni Lukis dan lain lain. Indonesia kaya akan Tarian Tradisional. Lebih dari 100 jenis tarian berkembang dengan sangat baik sejak jaman nenek-moyang dulu. Indonesia juga terkenal akan batiknya, batik Indonesia merupakan batik pesohor di dunia. Karya nenek-moyang ini sangatlah indah. Banyak sekali petinggi-petinggi di luar negeri yang senang memakai batik. Kebudayaan Indonesia juga memiliki Reog. Kesenian asal Ponorogo yang sempat diklaim Negara tetangga ini memang sangat unik. Ada satu pesertanya yang harus memakai kepala singa, kepala singa itu berat sekali dan menggerakannya sangat susah. Indonesia juga memiliki alat musik tradisional seperti angklung. Permainan angklung pun telah dipentaskan di luar negeri.

Tetapi kini, kebudayaan Indonesia mulai tergerus oleh budaya asing. Banyak sekali kebudayaan tradisional yang ditinggalkan oleh kita. Padahal, dari kebudayaan itu bisa mendatangkan banyak keuntungan seperti devisa. Warga Negara Asing saja sangat mengagumi kebudayaan Indonesia yang sangat beragam. Kebudayaan tidak selamanya menjadi kuno bukan? Dengan dikemas sedikit lebih modern saya sangat yakin kebudayaan Indonesia akan berjaya di tingkat Dunia. Tentu saja dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Dan memang sudah selayaknyalah sebagai Warga Negara Indonesia kita melestarikan budaya nenek-moyang kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s