Ibu Muslimah (Laskar Pelangi)

Cut Mini memerankan Ibu Muslimah dalam Film Laskar Pelangi

N.A. Muslimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.

Dan satu-satunya guru yang mengajar di SD Muhammadiyah ialah N.A. Muslimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid atau biasa dipanggil Ibu Muslimah. Dia adalah Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Wanita lembut ini adalah pengajar pertama Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari Ibu Muslimah. Ia seorang yang bertanggung jawab atas murid-muridnya. Mengajar dengan ikhlas dan penuh kasih sayang. Walau bayarannya tidak ditentukan dan seikhlasnya, ia tetap menjadi guru yang terbaik.

Berikut ini adalah tanggung jawab yang dilakukan Ibu Muslimah, yaitu :

Tanggung Jawab kepada Tuhan

Sebagai seorang Muslimah, Ibu Muslimah melaksanakan ibadah dengan taat dan mengajarkan nilai-nilai agama pada murid-muridnya. Kelak, murid-muridnya akan menjadi manusia-manusia yang berakhlak mulia.

Tanggung Jawab kepada Negara

Sebagai seorang guru, Ibu Muslimah memiliki tanggung jawab yang besar pada Negara untuk mengajari murid-muridnya. Dengan segala keterbatasan dan keikhlasannya, Ibu Muslimah mengajari murid-muridnya ilmu yang berguna dan diiringi dengan akhlak yang baik agar mereka menjadi anak-anak yang berguna bagi Bangsa dan Negara.

Tanggung Jawab kepada Keluarga

Walaupun Ibu Muslimah tinggal seorang diri, ia tetap bertanggung jawab pada keluarganya. Saat Kepala Sekolah yang sudah ia anggap sebagai keluarga sendiri meninggal dunia, ia sempat tidak mengajar karena masih shock. Tetapi setelah itu ia kembali mengajar seperti biasa dan mempertahankan Sekolah itu sendirian.

Tanggung Jawab kepada diri sendiri

Ibu Muslimah yang memilih untuk menjadi guru di SD Muhammadiyah merupakan pilihannya sendiri. Walaupun banyak tawaran yang datang dengan bayaran yang lebih tinggi dibandingkan mengajar di sekolah tersebut, seperti SD PN yang termasuk kedalam sekolah elite. Tetapi Ibu Muslimah lebih condong mengajar di SD Muhammadiyah, mengajar murid-muridnya dengan tulus ikhlas dan bertanggung jawab.

http://id.wikipedia.org/wiki/Laskar_Pelangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s