Pengertian Permintaan dan Penawaran

Setiap transaksi yang terjadi dalam dunia ekonomi tidak akan lepas dari adanya permintaan dan penawaran. Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Contoh permintaan di pasar tradisional yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli. Pembeli yang bertindak sebagai konsumen secara pasti menentukan permintaan pada pasar. Permintaan tersebut tergantung pada situasi dan harga yang ditawarkan penjual.

Penawaran adalah  jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Produsen atau penjual adalah pihak sentral yang bertindak sebagai penawar. Produsen menawarkan sejumlah dagangannya dengan berbagai macam tingkatan harga. Tingkatan harga itu sesuai dengan situasi dan kondisi serta kualitas barang.

Model penawaran dan perminraan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta interaksi mereka di pasar. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s