Menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Dunia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.

Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyakragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau (wilayah Kepulauan Riau sekarang) dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan “Bahasa Indonesia” diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan “imperialisme bahasa” apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan. Proses ini menyebabkan berbedanya Bahasa Indonesia saat ini dari varian bahasa Melayu yang digunakan di Riau maupun Semenanjung Malaya. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.

Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Meskipun demikian, Bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di media massa, sastra, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa Bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia.

Fonologi dan tata bahasa Bahasa Indonesia dianggap relatif mudah. Dasar-dasar yang penting untuk komunikasi dasar dapat dipelajari hanya dalam kurun waktu beberapa minggu.

Dengan kemudahan tersebut, banyak sekali cara agar bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa dunia. Minimal menjadi bahasa yang popular dan digunakan di negara-negara sekitarnya (baca: Asia).

Jika saya diberi kesempatan dan wewenang untuk menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa dunia, saya akan:

Yang pertama, saya akan membuat akun twitter, facebook dan web sebagai wadah media pembelajaran interaktif yang bisa diakses oleh semua orang dari seluruh dunia. Kemudahan akses internet jaman millennium ini memudahkan seseorang untuk mengakses apa saja yang ia inginkan. Dengan kemudahan tersebut, maka memudahkan saya untuk mengajarkan bahasa Indonesia secara Internasional. Akun-akun tersebut dibuat menarik dan user friendly sehingga pengguna bisa menggunakannya dengan mudah.

Yang ke dua, saya akan memperkenalkan Indonesia kepada dunia. Seperti pepatah “tak kenal maka tak sayang”, maka saya akan menumbuhkan rasa cinta Indonesia kepada banyak orang. Saya akan mempromosikan dan mempengaruhi Indonesia ke dunia luar melalui televisi, radio, internet. Saya akan memperkenalkan keindahan alam Indonesia kepada dunia luar dengan cara membuat video-video yang akan di unggah ke banyak jejaring sosial. Saya akan memperkenalkan kesenian tradisional Indonesia, seperti: tari, lukis, batik. Setiap promosi tersebut, saya akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. Sehingga, sedikit demi sedikit turis asing dapat mengetahui bahasa Indonesia. Dengan promosi yang baik, tentunya tidak sulit untuk meningkatakan minat turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Setelah kedatangannya tersebut, turis asing bisa diajak berbicara menggunakan bahasa Indonesia. Jika turis-turis asing disambut dengan baik dan merasa aman selama berada di Indonesia, biasanya mereka akan menceritakan pengalamannya kepada keluarga serta teman-temannya. Nilai tambah tersebut yang menjadikan Indonesia lebih mudah dikenal oleh warga negara asing.

Yang ke tiga, saya akan membuat komunitas Pecinta Bahasa Indonesia. Dimana setiap anggotanya wajib berkontribusi dengan memiliki proyek memperkenalkan bahasa Indonesia pada dunia. Komunitas ini boleh diikuti oleh warga negara Indonesia maupun warga negara asing. Komunitas ini akan saya perkenalkan pada keluarga, teman-teman, kerabat dan dunia luar. Sehingga akan lebih banyak lagi orang-orang yang berminat untuk melestarikan bahasa Indonesia.

Yang ke empat, saya akan membuat game tentang Indonesia. Game tersebut akan saya promosikan ke dunia luar sebagai salah satu metode pembelajaran yang paling mudah dan dapat dipakai oleh semua kalangan. Dalam game tersebut, akan saya gunakan dwi bahasa (dua bahasa) yaitu bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional dan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. Tentu saja akan lebih ditonjolkan bahasa Indonesia agar tujuan awal dapat tercapai. Konsep dalam game tersebut berisi tentang keindahan alam, kebudayaan dan kesenian Indonesia. Dengan keunggulan tersebut, diharapkan warga negara asing dapat memahami bahasa Indonesia dan mau mempelajarinya lebih dalam.

Yang ke lima, membuat dan mempromosikan film, musik dan karya tulis berbahasa Indonesia. Banyak sekali film Indonesia yang sudah merambah ke dunia luar. Contohnya: The Raid yang kini telah dibeli hak ciptanya di Amerika Serikat oleh Sony Pictures. Sebagai film yang debutnya telah mencapai tingkat Internasional, The Raid tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi di film tersebut. Warga negara asing yang menonton pun mau tidak mau harus mendengarkan para pemain The Raid dengan menggunakan bahasa Indonesia. Walaupun tetap ada translate bahasa Inggris sebagai subtitle.

Yang ke enam, menjadikan Indonesia sebagai pusat IPTEK dunia. Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Indonesia memiliki siswa-siswi yang cerdas dalam hal sains dan matematika. Mereka mampu berkompetisi hingga tingkat Internasional. Perlu sedikit jalan yang serius sehingga bisa membina para ilmuwan cilik tersebut agar dapat menjadi ilmuwan kelas dunia. Dengan keunggulan tersebut, sebenarnya Indonesia mampu membuat gebrakan dengan menjadi pusat IPTEK dunia. Kita bisa mengumpulkan ilmuwan-ilmuwan dalam dan luar negeri untuk berkumpul dan belajar bersama mengembangkan IPTEK dunia. Membiayai mereka untuk melakukan penelitian-penelitian ilmiah. Saat ilmuwan-ilmuwan asing tersebut ada di Indonesia, setidaknya mereka harus mempelajari dan memahami bahasa Indonesia.

Yang ke tujuh, memajukan dunia animasi Indonesia. Memberikan ruang pada Animator-animator muda Indonesia untuk berkarya membuat inovasi. Seperti membuat film berbahasa Indonesia yang akan diperkenalkan pada dunia. Sudah kita ketahui, negara tetangga kita, Malaysia, berhasil membuat serial animasi Upin Ipin yang berbahasa Melayu dengan cakupan tontonan untuk usia anak-anak. Upin Ipin dengan gaya yang sederhana dan cerdas mampu membius anak-anak Indonesia untuk menontonnya. Maka menurut saya, Indonesia bisa mencontoh Malaysia untuk membuat karya-karya yang cerdas dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan film yang berkualitas dan sederhana untuk usia anak-anak, maka anak-anak bisa lebih bangga dan mencintai bahasa Indonesia.

Yang ke delapan, menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan bisnis dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang tahan terhadap krisis ekonomi dunia. Dengan kelebihan tersebut, kini, Indonesia mulai dilirik oleh negara-negara maju untuk menanamkan modal di Indonesia. Para investor-investor asing masuk ke Indonesia untuk membuat pabrik-pabrik berkelas Internasional. Kesempatan itu tidak boleh di sia-siakan begitu saja, kita bisa membuat produk-produk berkualitas dari kerja keras para pekerja Indonesia. Suatu negara akan dianggap berpengaruh terhadap dunia jika negara tersebut memiliki ekonomi yang kuat dan mampu bersaing dengan negara-negara maju. Jika Indonesia bisa melakukannya, tidak menutup kemungkinan Indonesia menjadi pusat ekonomi dunia. Negara-negara maju pun mulai bergantung terhadap produk-produk Indonesia. Akan sangat mudah jika benar-benar terjadi maka bahasa Indonesia pun bisa mengikuti menjadi bahasa dunia.

Penjelasan diatas adalah sedikit dari banyak usaha yang bisa saya lakukan jika saya memiliki wewenang untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa dunia. Tentu saja dengan dukungan dari banyak pihak bukan tidak mungkin mimpi yang selama ini belum terwujud bisa menjadi kenyataan.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s