Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendeteksi Status Gizi dan Psikologis Anak

Penulis : Parno, Izhati Qoirina

Penerbit : STIKOM Bali

Tahun terbit : 2012

Latar Belakang

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang menjadi keharusan bagi setiap individu untuk mengerti bagaimaa cara menggunakan teknologi, terutama teknologi komputer. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Sistem pakar merupakan suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manysia mengenai satu bidang spesifik. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matemtis dari masalah tersebut. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.

Masa balita sangat penting terhadap pola gizi seimbang karena faktor pertumbuhan dan perkembangan serta kecerdasannya dipengaruhi oleh gizi. Seringkali orang tua menganggap status gizi pada anaknya baik tanpa memeriksakan kepada yang ahli, pada akhirnya balita mengalami status gizi buruk dan keterlambatan penanganan. Juga tidak paham akan perilaku anak yang mempunyai jenis psikologis berbeda.

Perumusan Masalah

Bagaimana cara suatu sistem pakar bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi status gizi dan psikologis anak yang diimplementasikan kedalam bentuk website?

Tujuan

Untuk membantu mendiagnosa status gizi anak, penjelasan akan kebutuhan gizi anak dan jenis psikologis anak yang perlu penanganan khusus.

Metodologi Penelitian

Metode yang digunakan dalam membuat aplikasi ini dengan mengikuti kaidah dari system development live cycle (SDLC) dengan lima tahapan yang harus dilakukan dalam mengembangkan sistem (Jogiyanto, 2005). Sebelum masuk ke dalam lima tahapan tersebut, penulis melakuka studi pustaka dengan mempelajari buku serta artikel online tentang status gizi dimasa pertumbuhan balita.

Inti Pembahasan

Website sistem pakar ini berisikan informasi status gizi dan psikologis pada anak. Diantaranya Jenis Status Gizi Buruk, Jenis psikologis anak, Gejala, dan Penanganannya. Website ini menggunakan aplikasi sistem pakar yang menjelaskan bahwa perancangan sistem pakar dibagi menjadi beberapa tahap yaitu Identifikasi, Konseptual, Formalisasi, dan Pengujian. Aplikasi ini merupakan gambaran bagian kecil dari sistem pakar secara keseluruhannya dan domain spesifik yang diangkat mengenai jenis-jenis status gizi, gejala status dan solusinya.

Kesimpulan

Setelah Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Status Gizi dan Psikologis Anak berbasis web selesai dibuat dan diimplementasikan, dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi sistem pakar ini berguna untuk membantu user mengetahui status gizi yang dialami anak dengan mengenali ciri-ciri dan gejala yang ditimbulkan. Selain itu dapat memahami informasi seputar kebutuhan gizi dan psikologis pada anak. Disetiap halaman web mempunyai fungsi yang berbeda seperti pada halaman kategori user mendapatkan informasi seputar status gizi dan psikoogis anak. Pada aplikasi ini juga tersedia halaman menu user dapat mendaftarkan diri untu berkonsultasi langsung kepada yang ahli ke tempat praktek.

Daftar Pustaka

[1] Sri Kusumadewi, 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Edisi pertama, Yogyakarta,

J&J Learning

[2] URL : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_sistem_pakar/bab1_pengenalan_sistem_pakar.pdf

[3] URL : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar

[4] URL : http://www.scribd.com/doc/21250990/Membimbing-Anak-Hiperaktif

[5] Jogiyanto, HM, 2005, Analisis dan Disain Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi Offset

[6] Dewa Nyoman Supariasa, Bachyar Bakri, Ibnu Fajar, 2001, Penilaian Status Gizi, Jakarta Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s